LONTONG LEMPRAK – Kuliner Khas Batang Yang Wajib Dicicipi

by -596 views
lontong lemprak batang
Mbak Moer melayani pembeli Lontong Lemprak di depan Pos Polisi Alun Alun Kabupaten Batang Jawa Tengah / Foto: infopublik

Lontong Lemprak Khas Batang – Salah satu menu kuliner yang wajib dicicipi saat mampir ke batang, khususnya jika mampir ke alun-alun batang.

ASLIBATANG.COM, Kuliner Batang – Indonesia memang kaya akan Tradisi dan Budaya ,Tak hanya itu, untuk urusan kuliner, dari yang tradisional sampai modern Indonesia juaranya.

Nah kali ini redaksi Asli Batang akan membahas salah satu kuliner khas dari Kabupaten Batang Jawa Tengah yaitu LONTONG LEMPRAK.

Dari namanya saja sudah unik,dan membuat orang penasaran, apa isinya sama dengan menu lontong lainnya?, atau mungkin ada keunikan lainnya?.

Jika dibandingkan dengan menu lontong kebanyakan, hidangan lontong lemprak ini tak jauh berbeda. Isi maupun topingnya sama, yakni lontong yang dibungkus dengan daun pisang, opor ayam yang dimasak dengan bumbu rempah rempah, ditambah irisan tahu rebus dan sambal goreng kentang, kemudian di beri tambahan bawang goreng sebagai penyedap.

Ternyata yang membuat beda dan menjadikan khas bukan dari rasa atau bentuknya, melainkan cara menyantapnya, yaitu dengan cara “NGLEMPRAK” atau dalam Bahasa Indonesia artinya duduk bersila diatas tikar atau lesehan, nah dari kebiasaan itulah muncul kata lemprak, karena yang dihidangkan itu lontong maka jadilah nama lontong lemprak.

Lontong lemprak ini masuk dalam kuliner khas Batang yang sudah ada sejak lama bahkan penjualnya sudah turun temurun. Seperti Lontong lemprak Mbak Moer, salah satu lontong lemprak terlaris di Batang yang kurang lebih sudah lima generasi berdiri.

“Kalau dihitung ya sudah lima generasi, dari buyut, nenek, ibu, kakak, dan yang melanjutkan saya,” terang Atik (39) penerus Lontong lemprak Mbak Moer.

Selain lontong lemprak Mbak Moer Anda dapat menemui lontong lemprak lainnya disekitaran Alun alun Batang dengan kisaran harga 20 sampai 25 ribu per porsi. Biasanya buka dari pukul 16:00 sampai Malam. (zub)

Baca Juga:   Menikmati Wisata Alam Jembatan Buntu Sengon Subah Batang