Serabi Kalibeluk – Kudapan Empuk Khas Batang

by -593 views
Serabi Kalibeluk batang

Kuliner Batang – Serabi Kalibeluk, Kudapan Empuk Khas Batang yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kabupaten batang.

Bekunjung ke Desa Kalibeluk belum sempurna rasanya kalau belum mencicipi jajanan khasnya. Ya Serabi Kalibeluk, jajanan sederhana ini mudah kita temui di setiap lorong jalan perkampungan di Desa Kalibeluk Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.

Jika mendengar kata serabi tentu kita akan terbayang olahan jajanan yang berasal dari Kota Solo atau Bandung. Namun berbeda dengan kedua kota tersebut olahan serabi Kalibeluk memiliki ciri khas tersendiri yaitu bentuknya yang besar dan tebal serta rasanya yang legit dan manis.

Konon katanya resep Serabi Kalibeluk ini tidak ada yang bisa menandingi dan tidak bisa dibuat oleh sembarang orang kecuali keturunan dari Nyai Randinem. Nyai Randinem sendiri adalah leluhur cikal bakal pembuat serabi di Desa Kalibeluk.

Baca Juga : Kisah Cinta Dibalik Kelezatan Serabi Kalibeluk Batang

Olahan yang berbahan dasar beras dan santan ini menjadi Legendaris karena proses pembuatannya yang masih menggunakan alat tradisional seperti wajan dari tanah liat, tumbukan beras dan kelapa dari kayu itu guna menjaga kelestarian cita rasanya.

Harga untuk satu serabi cukup terjangkau yaitu Rp.12000/tangkap. Pembeli juga berkesempatan langsung melihat proses pembuatannya lho. Jadi kita bisa tau proses pembuatannya.

Namun beberapa pembuat serabi mengaku masih kesulitan dalam hal pemasaran, tentu ini menjadi salah satu penyebab Industri rumah tangga ini sulit untuk berkembang. Untuk itu diperlukan strategi pemasaran yang jitu dan manajemen yang professional agar mampu bersaing dengan jajanan jajanan kekinian.

Bagi kalian para pemburu kuliner tradisional, tunggu apalagi nikmati legit dan empuknya serabi kalibeluk agar asset jajanan tradisional khas batang juga tetap ada.

Baca Juga:   Cerita Legenda dari Desa Warungasem Batang